Komparasi New V-Ixion VS CB150R, Konsumsi Bahan Bakar

Komparasi New V-Ixion VS CB150R, Konsumsi Bahan Bakar


Terakhir nih... Kali ini fokusnya pada membandingkan konsumsi bahan bakar Honda CB150R dan Yamaha New V-Ixion. Dari spesifikasinya sih, seharusnya sudah kebayang mana yang bakal lebih irit. CB150R over bore, dan New V-Ixion over stroke malah hampir square.

Yang sudah-sudah, karakter over stroke lebih hemat bahan bakar. Alasannya karena torsi motor berkarakter over stroke bisa diraih pada putaran mesin lebih rendah. Logika gampangnya, cukup putar gas sedikit saja untuk membuatnya berjalan.

Tapi belom lengkap rasanya kalau tidak dibuktikan. Dengan pengukuran full to full, kedua motor ini kami pakai untuk harian di jalanan Jakarta oleh satu tester (165 cm/70 kg). Rutenya relatif sama di jam yang sama juga, dengan tujuan mendapatkan kondisi lalu lintas yang tidak jauh berbeda.

Cara berkendaranya pun jauh dari eco riding. Buka gasnya suka-suka, kalau ketemu jalanan kosong selalu gatel untuk putar selongsong gas dalam-dalam. Tapi enggak jarang juga kena macet dan harus berhenti lama bersama pengendara lainnya.

Jadi, kami enggak akan kaget kalau ada pembaca yang bisa dapat konsumsi bahan bakar lebih irit dari yang kami peroleh. Hehee.. sah-sah saja mencoba sendiri mengukur konsumsi bahan bakar kedua motor ini, toh bisa dilakukan dengan mudah.

Setelah dilakukan pengetesan masing-masing sebanyak dua kali, diperoleh hasil 1 liter bahan bakar mampu digunakan untuk menempuh jarak 35 km oleh CB150R. Beda tipis seperti klaim pabrikan yang menyebutkan angka 1:36 kilometer. 

Sedang New V-Ixion tembus 38 kilometer. Ups, masih lebih irit dari kompetitornya nih!

6 komentar:

  1. ya iyalah boros cb150r kan open loop injection, klo kompetitornya close loop injection

    BalasHapus
  2. copas apa gak ni? http://motor.otomotifnet.com/read/2013/01/18/337807/36/13/Komparasi-New-V-Ixion-VS-CB150R-Konsumsi-Bahan-Bakar

    BalasHapus
  3. Gak salah pilih, NVL... my idol buat ngaduk2 jakarta... :D

    BalasHapus
  4. Ane pake verza... Hehe maap kalo asal nyeplok, verza 1:45 gan(rata2 aja yah, jalan jakarta, jam acak soalnya ane isi 4 liter pas banget 180km...
    Ane kerja lapangan ampe malem....ga di irit2in soalnya ane d kejar waktu... Hehe sharing aja...

    BalasHapus
  5. Tau nggk konsumsi R15 bro versi oto? 47 km per liter... Udah kenceng, irit pula

    BalasHapus
  6. Good lh bwt nvl , udh keren urit lgi :-D

    BalasHapus