melipat gandakan pendapatan dengan bisnis fotokopi

Ingin mencoba berbisnis di rumah namun masih bingung memilih jenis usahanya? Bisnis fotocopy bisa menjadi jawaban yang tepat bagi Anda yang ingin merintis usaha rumahan sekaligus yang ingin melipatgandakan pendapatan bulanan. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum terjun dalam dunia bisnis tersebut.


Keuntungan :
  1. Bisnis fotocopy tak membutuhkan modal besar. Investasi awal yang dinilai paling besar adalah mesin fotocopy yang diprediksi menghabiskan dana sebesar Rp7-25 juta.
  2. Bisnis fotocopy tak membutuhkan ruang luas. Usaha ini bisa dilakoni di rumah dengan memanfaatkan garasi atau teras rumah
  3. Bisnis fotocopy juga bisa dijalani dengan menjual aneka macam ATK atau peralatan tulis menulis, menyediakan jasa cetak foto, laminating, penjilidan dan lain sebagainya.
  4. Konsumen dari bisnis ini bersifat umum yakni mulai dari anak-anak sekolah hingga orang dewasa dari berbagai macam kalangan.
  5. Bisnis ini berpotensial membuka lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja berusia aktif.
Kelemahan :
  1. Harga kertas yang cenderung meninggi membuat biaya investasi membengkak.
  2. Bisnis fotocopy mempunyai hubungan yang erat dengan pasokan listrik karena itu bisnis bisa terancam tersendat bila daya listrik rendah, adanya pemadaman ataupun kenaikan TDL (tarif dasar listrik).
  3. Diperlukan biaya tambahan untuk merawat mesin fotocopy agar tak mengalami kerusakan.
  4. Bukan termasuk bisnis baru karena itu bisnis ini rentan akan persaingan usaha.
Persiapan & Pelaksanaan :
  1. Lokasi yang strategis, lebih baik dalam jangkauan wilayah sekolah, kampus, perkantoran atau perumahan.
  2. Membutuhkan ketrampilan dan wawasan yang baik dalam mengoperasikan mesin fotocopy.
  3. Berikan pelayanan ekstra kepada konsumen mengingat bisnis ini berdaya saing tinggi, misalnya dengan memberikan diskon atau potongan harga bila konsumen membutuhkan jasa fotocopy diatas 50 ratus lembar.
  4. Bila bisnis telah stabil dan beromzet besar, usaha fotocopy bisa dikelola dengan membuka usaha sampingan seperti rental pengetikan atau toko buku kecil.
  5. apabila anda masih ragu dengan lokasi usaha anda ,solusi yang paling mudah yaitu dengan menyewa mesin fotokopi dengan biaya sesuai pemakaian ,untuk daerah purworejo ada 1 toko yang bisa menyewakan mesin di jalan setia budi sebelah smea penabur namanya Dimensi  (*/dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar