Langkah Awal Membuka Usaha Fotocopy


BANYAK peluang usaha yang menjanjikan dari sebuah fotocopy. Tapi, sebelum memulai usaha, ada baiknya kita perhatikan dahulu hal-hal berikut ini:

  1. Lokasi Lokasi sangat berpengaruh dalam suksesnya sebuah usaha. Lokasi dekat area pendidikan seperti sekolah, kampus, dan perkantoran adalah lokasi yang cukup strategis untuk membuka sebuah bisnis fotocopy.


  2. Persaingan Lihatlah persaingan, jika terlalu banyak usaha fotocopy di sekitar lokasi dipilih, sudah pasti usahamu akan mengalami tantangan yang cukup berat. Kamu tidak bisa leluasa menentukan harga karena harus menyesuaikan dengan harga pasaran.


  3. Mesin fotocopy Ini yang terpenting, karena sebagai peralatan vital. Untuk pemilihan mesin fotocopy, sangat tergantung dari siapa market kita nanti dan berapa harga yang akan kita pasarkan. Kalau mayoritas pelangganmu adalah mahasiswa/pelajar, masalah harga harus benar-benar diperhatikan, kualitas tidak perlu di prioritaskan. Mesin fotocopy yang rekondisi masih bisa digunakan kok.


  4. Kebutuhan & spare part Semakin murah consumable (toner & kertas) semakin besar pula keuntunganmu. Untuk kertas, kamu bisa gunakan kertas plano potong. Untuk toner kamu juga bisa gunakan toner compatible tidak harus orisinal. Tapi ingat, jangan mengorbankan kualitas karena harga.


  5. Supplies Andy, pemilik Wijaya Fotocopy mengatakan bahwa modal barang seperti alat tulis dan lainnya juga sangat penting dalam menentukan besarnya keuntungan usaha copy center. “Kalau membelinya dari grosir, kamu akan mendapatkan barang yang banyak dan tentu saja harga yang murah,” ujar Andy.


  6. Layanan Buatlah copy center kamu seperti supermarket. Semakin banyak barang yang dijual, maka semakin banyak keuntungan yang kamu dapatkan 6.Kualitas Jika kamu tidak bisa bersaing harga, ada baiknya bersainglah dalam kualitas, karena zaman sekarang banyak orang yang lebih mementingkan kualitas daripada harga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar