Ketika Bumi lain itu benar-benar ada




Ketika Bumi lain itu benar-benar ada
5 Planet alien di luar tata surya. © Scienceinpublic.com.au
0


Impian manusia untuk menemukan planet yang bisa dihuni selain Bumi menemukan sebuah titik cerah. Baru-baru ini, para peneliti menemukan sebuah sistem tata surya baru dengan lima planet yang memungkinkan untuk ditinggali.


Seperti dilansir MSNBC (19/12), tata surya ini berpusat pada sebuah bintang bernama Tau Ceti. Bintang yang berjarak 12 tahun cahaya ini, dikelilingi oleh lima planet yang memungkinkan untuk ditinggali.

Masing-masing planet ini diprediksi mempunyai massa sekitar 2 hingga 6,6 kali dari massa Bumi dan mengitari orbitnya selama 168 hari. Hanya saja, peneliti belum memastikan komposisi yang membentuk planet tersebut, tetapi diyakini jika di sana terdapat material seperti bebatuan dan air. "Hampir mustahil bagi kami untuk mendeteksi komposisi planet tersebut, tetapi dapat diyakini bahwa di sana memiliki permukaan berbatu dan sumber air," terang Mikko Tuomi, peneliti dari University of Hertfordshire, kepada Space.com.

Belum diketahui apakah nantinya akan dilakukan penelitian untuk mengetahui jejak-jejak kehidupan di sana. Tetapi, dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat diyakini hal tersebut akan segera terjadi.

Penelitian tentang Bumi lain di alam semesta ini sejak lama telah dilakukan. Para peneliti meyakini bahwa pasti ada suatu tempat di dunia ini yang bisa ditinggali makhluk hidup. Tinggal menunggu waktu saja kapankah kita benar-benar bisa menjelajahi planet-planet tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar