Ponsel Firefox OS Edisi Khusus besutan Mozilla


Arstechnica Peak Phone
- Mozilla yang lebih dikenal sebagai produsen aplikasi browser Firefox tengah sibuk menyiapkan sistem operasi mobile buatannya, yaitu Firefox OS. Rencananya sistem operasi pesaing Android ini akan diluncurkan tahun 2013 ini.


Salah satu persiapan yang dilakukan oleh Mozilla adalah memperbanyak jumlah aplikasi untuk Firefox OS dengan cara "merayu" para pengembang aplikasi (developer). Agar developer mau mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk Firefox OS, Mozilla secara khusus akan membuat ponsel Firefox OS khusus developer.

Jadi ponsel Firefox OS ini merupakan edisi atau model khusus untuk para pengembang aplikasi, bukan untuk pengguna biasa.

Mozilla pun telah menggandeng perusahaan asal Spanyol, Geeksphone, untuk mengembangkan dan mendistribusikan ponsel berbasis Firefox OS khusus untuk pengembang aplikasi (developer preview). Tidak tanggung-tanggung, Mozilla menyiapkan dua model ponsel developer preview.

Dikutip dari ArsTechnica, Rabu (23/1/2013), perangkat pertama yang dipersiapkan memiliki kode nama Keon. Perangkat yang satu ini memiliki spesifikasi hardware yang tidak terlalu tinggi.

Kemungkinan, Mozilla ingin memperlihatkan bahwa sistem operasi mobile miliknya dapat berjalan di ponsel low-end. Hal ini sekaligus menegaskan bahwa developer dapat membuat aplikasi berbasis Firefox OS untuk perangkat dengan spesifikasi low-end sekalipun.

Perangkat yang satu ini dilengkapi dengan prosesor Snapdragon S1 1GHz dari Qualcomm, RAM 512MB, layar berukuran 3,5 inci HVGA, kamera 3 megapiksel, dan baterai 1580mAh.

Perangkat kedua memiliki spesifikasi yang jauh lebih bertenaga dari Keon. Ponsel ini memiliki kode nama Peak.

Spesifikasi Peak sudah setara dengan ponsel high-end yang ada di pasar saat ini. Prosesornya memakai Snapdragon S4 1,2GHz dari Qualcomm, layar 4,3 inci qHD (960 x 540 pixel) jenis IPS, RAM 512MB, kamera 8 megapiksel di bagian belakang, kamera 2 megapiksel di bagian depan, dan baterai 1800mAh.

Mozilla berjanji untuk menghadirkan perangkat ini pada Februari 2013 mendatang. Sayangnya, informasi seputar harga dan bagaimana cara mendapatkan ponsel-ponsel tersebut, belum diungkapkan oleh Mozilla.

Sebelum kedua ponsel tersebut hadir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pihak developer untuk mencoba aplikasinya. Mereka bisa menggunakan browser berbasiskan simulator Firefox OS atau aplikasi Firefox Marketplace for Android.

Para pengembang juga dapat melakukan flash ROM perangkat Android dengan versi terbaru Firefox OS.

Firefox OS merupakan sistem operasi mobile baru yang sedang dikembangkan oleh Mozilla. OS ini berbasiskan HTML, CSS, dan JavaScript. Selain itu, Firefox OS juga diharapkan dapat menjadi pesaing bagi Android dan iOS yang sudah mendominasi pasar terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar